Pengolahan Kelapa Pariaman Belum Optimal

klik
 untuk melihat foto
ilustrasi kelapa
Pengelolaan tanaman kelapa disadari selama ini belum berjalan secara optimal, maka dari itu ke depan Pemko Pariaman menegaskan komitmennnya untuk lebih mengoptimalkan pengolahan tanaman kelapa sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu komoditi andalan bagi Kota Pariaman.

Seperti ditegaskan Wali Kota Pariaman H Mukhlis Rahman, komoditi tanaman kelapa selama ini dikenal sebagai tanaman yang multi guna, karena bisa diolah dan dikembangkan menjadi bermacam jenis kerajinan. Begitu pula buahnya juga bisa diolah menjadi kopra.

"Bahkan  sabut kelapa pun belakangan bisa diekspor ke luar negeri, tinggal lagi bagaimana kita bisa mengolahnya  sehingga bisa mendatangkan dampak ekonomi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," demikian ditegaskan Mukhlis Rahman saat pembukaan sosialisasi program pengembangan koperasi berbasis komoditi kelapa bertempat di Pondok Indah Kota Pariaman, Senin (4/10/2010).

Untuk memotivasi para pengrajin di daerah ini, Walikota dalam kesempatan itu bahkan menantang mereka yang ingin serius mengembangkan kerajinan kelapa nantinya bisa saja diberi kesempatan mengikuti pelatihan di luar daerah seperti Pulau Bali dan Tomohon Sulawesi Utara seperti yang telah dilakukan selama ini.

"Karena, meski selama ini pohon kelapa banyak ditemui di Pariaman, namun pengolahannya justru banyak dilakukan oleh daerah lain, makanya ke depan sudah saatnya para pengrajin di Kota Pariaman Kota bisa lebih serius mengembangkan usaha kerajinan yang terbuat dari pohon kelapa ini," ungkapnya.

Komentar