Akibat Kurang Minum Air Putih

Inilah Akibat Kurang Minum Air Putih

AIR putih sangat penting bagi tubuh manusia. Meminum 8 gelas perhari sangat dianjurkan para dokter demi menjaga stabilitas tubuh. Lalu bagaimana akibatnya jika kurang meminum air putih.
Paling tidak ada 6 akibat dari kurang minum air putih seperti dilansir American College of Sports Medicine.
1. Saat pasokan air putih kurang maka terjadi dehidrasi yang dapat menyebabkan cairan pada otak menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak juga berkurang.
Jika seperti itu, sel-sel dalam otak tidak efektif berkembang, bahkan menciut.
2. Kekurangan air juga akan mengganggu fungsi kognitif (kepandaian) otak. Fungsi kognitif yang tergganggu akan membuat seseorang gampang lupa, lemot dan tidak berkonsentrasi.
3. Dehidrasi yang dialami tubuh juga akan menyebabkan gejala lelah, haus, badan panas, sakit kepala, warna urine yang pekat, denyut nadi yang cepat, halusinasi hingga kematian.
4. Seseorang yang malas meminum air putih juga rentan terinfeksi kandung kemih. Hal ini terjadi karena bakteri dalam tubuh tidak bisa keluar karena kurang minum.
Bagi wanita harus lebih banyak mengonsumsi air putih karena panjang saluran kemihnya lebih pendek jika dibanding pria.
5. Kurang kandungan air dalam tubuh juga akan membuat warna kulit kusam. Hal itu karena aliran darah kapiler di kulit tidak maksimal.
6. Fungsi ginjal akan teranggu jika kurang minum air putih. Air putih diketahui mampu mencegah terjadinya batu ginjal. Banyak mengonsumsi air putih akan membuat komponen pembentuk batu ginjal akan lebih mudah luruh saat buang air kecil.[*]

Komentar