LibreOffice Pemakaian Dasar

APLIKASI LINUX (LIBREOFFICE) BESERTA TUTORIAL PEMAKAIN DASAR ATAU TIP-TRIKNYA

Selain Microsoft Office, ada software yang memiliki fungsi yang sama, yaitu LibreOffice. LibreOffice juga dapat digunakan di Microsoft, Machintos dan Linux dan memberikan 6 fasilitas yang bagus untuk mengolah data dan membuat dokumen yaitu Writer, Calc, Impress, Draw, Base dan Math. Tetapi kita tidak membahas itu sekarang, akan dibahas mengenai cara penggunaan LibreOffice.
Berikut adalah beberapa cara penggunaan pada LibreOffice:
A. Pengaturan halaman di LibreOffice
Pada LibreOffice pengaturan halaman dapat dilakukan dengan cara :
  1. Buka aplikasi LibreOffice dengan cara pilih Aplikasi->Perkantoran-> LibreOffice-> LibreOffice Writer
  2. Setelah lembar kerja terbuka pilih menu Format-> Halaman/ Page
3. Setelah memilih halaman maka akan keluar banyak fitur untuk pengaturan halaman seperti margin, format kertas dan lainnya.
B. Memberi Latar Belakang
  1. Untuk latar belakang dapat menggunakan warna saja atau gambar.
  • Untuk memberi warna Latar Belakang klik tab Latar Belakang>WarnaWarna Latar Belakang
  • Untuk Background halaman klik Grafik > Berkas/File >Telusuri/Browser > cari dimana anda meletakkan gambar yang ingin dijadikan latar belakang pada halaman tersebut, untuk mengatur letak gambar tersebut klik Jenis/Type > pilih salah satu dari tiga pilihan yang tersedia.
    C. Pengaturan Bingkai atau Border
    Bingkai/Border berfungsi untuk memberi bingkai pada margin sebagai contoh untuk membuat poster, pengumuman atau brosur agar membuatnya semakin terlihat menarik. Pada tabGaya/Arrangement Anda bisa memilih jenis bingkai, jika ingin memberi bayangan bingkai klik Gaya bayangan/Shadow style->Posisi, klik Jarak/Distance untuk mengatur jarak antara bingkai margin dengan bingkai bayangan.
LibreOffice memberikan beberapa kemudahan di bagian fiturnya tetapi memang butuh waktu untuk belajar dari penggunaan fiturLibreOffice karena terdapat beberapa perbedaan dengan Microsoft Office yang sudah sering digunakan.
(https://jalantikus.com/tips/tips-cara-menggunakan-libreoffice-part-1/)
D. Membuat Kolom Pada tab Kolom/ Columns disini bisa menentukan jumlah kolom yang akan digunakan, klik salah satu kolom yang ingin dipergunakan, jika ingin membuat lebih dari tiga kolom dapat dengan menulis manual pada Columns, untuk mengubah ukuran setiap kolom hilangkan/nonaktifkan kotak Lebar Otomatis/AutoWidth, ukuran akan sesuai yang ditentukan, untuk mengatur jarak antar kolom dengn klik kotak SpacingSeparatorberguna untuk membuat Line antar kolom.
. Membuat Footnote (Catatan Kaki) Catatan Kaki/Footnote sangat berguna, apabila ingin membuat catatan kaki pada dokumen ilmiah Tugas Akhir Sekolah atau Skripsi. Untuk menggunakannya pilih tabCatatan Kaki/footnote untuk membuat catatan kaki, pada Catatan Kaki/footnote area pilih Not large than Halaman/Page area, klik tabSeparator Line untuk mengatur ukuran dan jarak line, sedangkanPosition berguna sebagai pengatur posisi Line, Weight untuk pengaturan ukuran Line, Tab Spacing to footnote contents untuk memberi jarak antara margin dengan kolom Footnote. Jika semua pengaturan Dokumen Anda sudah selesai pilih Ok, untuk melihat dokumen Anda sebelum dicetak bisa dengan cara pilih File->Halaman/Page PreviewF. INDEX
    Agar Anda bisa membuat tulisan catatan kaki aktifkan dulu footnote melalui menu
Insert-> footnote. Untuk membuat atau mengatur kolom yang sudah dibuat bisa juga melalui Format-> Columns. [/list] Pada saat mempergunakan LibreOffice untuk perkerjaan sehari-hari lebih nyaman dapat merubah ukuran Standard LibreOffice yaitu Inch menjadi Centimeter, caranya sebagai berikut: Tools pilih Optionpilih LibreOffice Writer klik General, pada tab Setting padaMeasurement Unit pilih Centimeter atau ukuran yang lain sesuai kebutuhan, setelah selesai klik Ok. Cara untuk menambahkan Page Setup pada LibreOffice adalah sebagai berikut : 1. Pilih Tools lalu pilih Customize
  1. Pilih Menus lalu pilih FileMenu Content pilih Entries->Halaman/Page Preview->Category pada bagian Format pilihHalaman/Page Setting atau Halaman/Page Formating , setelah itu pilih Add
Setelah melakukan customize LibreOffice maka akan ada Page Setup seperti Ms Office.Selamat mencoba LibreOffice.

Komentar